Halaman

Rabu, 9 Julai 2008

John McCain, "Gunakan Rokok untuk Membunuh Iran"

calon presiden AS dari Parti Republik John McCain melontarkan pernyataan yang provokatif dan makin menegaskan hasratnya agar AS segera menyerang Iran.

Saat mengomentari makin meningkatnya ekspor rokok AS ke Iran, McCain mengatakan, "mungkin inilah cara untuk membunuh mereka (Iran)."

Dalam laporan Associated Press atas hasil analisa kondisi perdagangan AS selama tujuh ini disebutkan, meskipun hubungan AS dan Iran tidak baik, tapi eksport AS ke Iran meningkat sepuluh kali ganda selama pemerintahan Presiden George W. Bush. Salah satu komoditi yang nilai eksportnya meningkat adalah rokok.

"Mungkin itulah cara untuk membunuh mereka, " kata McCain pada para wartawan dalam kampanyenya di Pittburgh. "Saya cuma bercanda, sebagai seorang yang tidak merokok lagi selama 28 atau 29 tahun belakangan ini, " sambung McCain sambil tertawa dan menolak memberikan komentar lagi tentang laporan tersebut.

Bercanda atau tidak, McCain pernah melakukan tindakan provokatif terkait negara Iran. Dalam kempennya di Carolina Selatan tahun 2007 lalu, ia ditanya apakah punya rencana untuk menyerang Iran. McCain menjawab pertanyaan itu dengan mengutip lirik lagu-lagu pop.

"Anda tahu lagu lawas Beach Boys, Bom Iran?" kata McCain, lalu ia bersenandung "Bom bom bom, bom bom Iran." McCain menyebut Iran sebagai ancaman serius terhadap Israel dan keamanan internasional.

Sumber

Tiada ulasan: