Halaman

Selasa, 13 Mei 2008

Perempuan Palestina Produksi Film Animasi "Kisah Sebuah Kunci"

Perempuan-perempuan Palestina membuat sebuah film animasi, bertepatan dengan 60 tahun penjajahan dan perampasan tanah Palestina oleh rejim Zionis Israel.

Film animasi itu diberi judul "Kisah Sebuah Kunci" berdurasi 32 menit dan diproduksi oleh JohaToon Company, perusahaan rumah produksi yang dikelola oleh kaum perempuan di Ghaza. Film animasi itu menggambarkan rejim Zionis Israel sebagai "musuh dari tanah air dan agama" bangsa Palestina.


"Film ini mengisahkan tentang penderitaan, pembunuhan dan pengusiran. Film ini menunjukkan bahwa bangsa Palestina meninggalkan tanah airnya bukan atas kehendak mereka sendiri, mereka dipaksa untuk pergi, " kata Moamena Abu Hamda, direktur JohaToon Company di kantornya di Ghaza City.


Seperti diketahui, pada saat "negara" Zionis Israel berdiri tahun 1948, gerombolan Yahudi Zionis mengusir sekitar 700 ribu warga Palestina.


Abu Hamda mengatakan, "Kisah Sebuah Kunci" merupakan film animasi yang boleh disaksikan oleh anak-anak maupun orang dewasa. Judul film ini menjadi simbol bagi kunci-kunci milik warga Palestina yang kehilangan rumah-rumah mereka karena dirampas rejim Zionis Israel.


Film animasi ini akan diputar di Ghaza bulan ini juga dan perusahaan pembuat film itu berharap film ini juga bisa diputar di negara-negara Arab lainnya.


Sumber

Tiada ulasan: